Mustahar Ali Wardana, M.Pd. Dosen Tetap IAI Dalwa sukses meraih gelar Doktor di bidang ilmu Pendidikan Bahasa Arab dari Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Gelar tersebut diraih setelah berhasil mempertahankan disertasi dengan judul “Variasi Tindak Tutur Santri Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirasatil Islamiyah, dan kontribusinya dalam pengajaran Bahasa Arab” .
Gelar dan gelar Doktor di sematkan pada Mustahar Ali Wardana setelah dua jam promovendus mempertahankan Disertasinya di hadapan tujuh penguji yaitu 1. Prof. Dr. H. Faishol Mahmoed Adam Ibrahim, 2. Prof. Dr. HM Zainuddin,MA, 3. Prof. Dr. .H.Imam Asrori,M.Pd., 4. Prof.Dr.Uril Bahruddin,MA, 5.Dr.Hj. Mamluatul Hasanah, M.Pd., 6. Dr. Muassomah, M.Si.,M. Pd., 7. Drs. H. Basri, MA, Ph.D. pada hari Kamis, 10 Februari 2022 dari pukul 10-00 s/d 12.00 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dalam pemaparannya dengan berbahasa Arab murni, Promovendus menambahkan bahwa berbicara tidak terbatas pada ekspresi dan ucapan sesuai dengan kaidah, tetapi juga harus memperhatikan tata krama yang sesuai dengan keadaan di sekitarnya. Penelitian yang dikaji bertujuan untuk menganalisis tindak tutur santri pondok Pesantren Darul Lughah Waddirosatil Islamiyah Madura. Penelitian tersebut mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut: (1) Bagaimana variasi bentuk tindak tutur santri Pondok Pesantren Darul Lughah
Waddirosatil Islamiyah Madura? (2). Bagaimana fungsi tindak tutur santri Pondok Pesantren
Darul Lughah Waddirosatil Islamiyah Madura? (3) Bagaimana kontribusi variasi tindak tutur
dalam pembelajaran bahasa arab? Promovendus (peneliti) menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan peneliti menggunakan teknik pengamatan dan wawancara serta dokumentasi dalam
mengumpulkan data. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman.
Promovendus menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa: (1) Variasi bentuk tindak tutur berupa tuturan direktif bermodus imperatif, deklaratif, dan introgatif, sedangkan variasi
tindak tutur siswa berupa tuturan asertif bermodus deklaratif, imperatif, dan introgatif (2) Fungsi variasi tindak tutur dalam fungsi tindak tutur direktif terdiri dari fungsi permintaan, fungsi perintah, dan fungsi perintah, sedangkan fungsi tindak tutur berupa laporan fungsi, fungsi pernyataan, fungsi menerima, dan menolak. (3) Kontribusi variasi tindak tutur yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa, yaitu melalui
pembelajaran At-Ta’biraat Al Lughawiyah (ekspresi-ekspresi bahasa) dan penggunaan strategi directive dalam pembelajaran bahasa Arab yang mana keduanya adalah sisi penting dalam pembelajaran bahasa Arab.
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah keberhasilan dalam pembelajaran bahasa
Arab tidak terbatas pada penguasaan terhadap gramatikal saja, tetapi perlu juga
mengetahui pola tindak tutur serta memahami strategi pembelajaran yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Dr. Muhamad Solehudin,M.HI. Wakil Rektor 1 IAI Dalwa yang turut hadir dalam promosi Doktor Promovendus menyampaikan bahwa Kemajuan Perguruan Tinggi (PT) sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualtas. SDM juga menjadi sangat penting dalam akreditasi PT, sehingga kualitas SDM di lembaga pendidikan akan terus ditingkatkan, dengan bertambahnya dosen IAI Dalwa yang bergelar Doktor maka SDM, profesionalisme, keunggulan dan integritas akan semakin berkembang dan meningkat. Randi Syah/Red.
Views: 38